ANBK SMPN 1 SANANA UTARA TAHUN 2022

0

 ANBK SMPN 1 SANANA UTARA TAHUN 2022

ANBK HARI 1

Tahun Pelajaran 2022/2022 Peserta didik SMPN 1 Sanana Utara Melaksanakan ANBK, Apa itu ANBK?

dikutip dari laman "anbk.kemdikbud.id" , ANBK atau  Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

ANBK HARI KE 2
1) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

2)Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid

3)Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.


     Untuk Menghadapi Asesmen Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 september 2022, pihak sekolah telah melaksanakan gladi atau pengenalan kepada peserta didik, agar supaya pada saat pelaksanaan asesmen, para peserta didik telah siap, diantaranya, pemantapan dalam hal literasi yaitu pemahaman tentang memahami bacaan dan tulisan serta numerasi yaitu kecakapan dalam menggunakan berbagai macam angka.

  Bukan hanya pengetahuan yang mesti diperkenalkan kepada peserta didik, akan tetapi penggunaaan teknologi harus diperkenalkan, terutama kepada peserta didik yang belum cakap ( masih kaku) dalam menggunakan Gadget atau komputer, maka dalam sesi gladi atau pra asessmen, para peserta didik di beri pelatihan terlebih dahulu.

   Di tahun 2022 adalan kali ke Dua untuk SMPN 1 SANANA UTARA mengikuti ANBK, kali ini sebanyak 36 Peserta Didik yang semuanya berada pada kelas VIII ( delapan ).

   Untuk Pelaksaan ANBK sendiri untuk di kabupaten Kepulauan Sula dilaksanakan dengan Semi Online dan ada yang berstatus mandiri dan menumpang, Untuk SMPN 1 SANANA UTARA masih berstatus menumpang di sekolah lain, dalam hal ini pelaksanaannya itu dilaksnakan di smpn 1 sanana. SMPN 1 SANANA UTARA berstatus menumpang dikarenakan sarana dan prasarana belum memadai, disamping jaringan internet belum tersedia, perangkat untuk asessmen seperti server dan client belum memadai, oleh karena itu, Pihak sekolah SMPN 1 SANANA UTARA memutuskan untuk menumpang di SMPN 1 SANANA.

   Perlu disyukuri bahwa pelaksanaan ANBK yang di laksanakan di SMPN 1 SANANA berjalan Tertib, AMAN, dan Lancar, berkat kerjasama dari Dinas Pendidikan,proktor, teknisi, dan pihak sekolah.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !